Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP Daring SKI 1 Lembar Tahun 2020/2021

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.1 dan 4.1

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 1

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami peradaban bangsa Arab sebelum Islam

2. Mengetahui kondisi sosial dan religious masyarakat Arab sebelum kedatangan Islam

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang kondisi sosial dan religious masyarakat Arab sebelum kedatangan Islam.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.1 dan 4.1

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 2

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami peradaban bangsa Arab sebelum Islam

2. Mengetahui kondisi bangsa Arab sebelum Islam

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang Kondisi Masyarakat Arab Sebelum Islam.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.2 dan 4.2

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 3

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami peradaban bangsa Arab sebelum Islam

2. Mengetahui keadaan masyarakat Quraisy sebelum Islam

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang keadaan masyarakat Quraisy sebelum Islam.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.3 dan 4.3

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 4

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

2. Mengetahui sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Islam di Mekkah

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Islam di Mekkah.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.3 dan 4.3

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 5

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

2. Mengetahui dakwah secara terang-terangan

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang dakwah secara terang-terangan.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.3 dan 4.3

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 6

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

2. Mengetahui hijrah ke Habsyi

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang hijrah ke Habsyi.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.4 dan 4.4

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 7

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

2. Mengetahui Hamzah dan Umar bin Khattab masuk Islam

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang Hamzah dan Umar bin Khattab masuk Islam.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.4 dan 4.4

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 8

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

2. Mengetahui Nabi Muhammad SAW hijrah ke Ta’if

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang Nabi Muhammad SAW hijrah ke Ta’if.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.5 dan 4.5

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 9

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

2. Mengetahui Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.5 dan 4.5

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 10

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

2. Mengetahui tahun duka cita/ Ammul Huzni

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang tahun duka cita/ Ammul Huzni.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.5 dan 4.5

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 11

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

2. Mengetahui tansil dan hikmah Isra Mi’raj

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang tansil dan hikmah Isra Mi’raj.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.5 dan 4.5

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 12

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

2. Mengetahui perbandingan kerasulan Nabi Muhammad dengan rasul sebelumnya

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang perbandingan kerasulan Nabi Muhammad dengan rasul sebelumnya.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                    Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.6 dan 4.6

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 13

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad periode Madinah

2. Mengetahui faktor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah SAW ke Madinah

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang faktor-faktor penyebab hijrahnya Rasulullah SAW ke Madinah.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.6 dan 4.6

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 14

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad periode Madinah

2. Mengetahui substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.7 dan 4.7

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 15

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad periode Madinah

2. Mengetahui kebijakan pemerintahan Rasulullah SAW pada periode Islam di Madinah

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang kebijakan pemerintahan Rasulullah SAW pada periode Islam di Madinah.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.7 dan 4.7

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 16

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad periode Madinah

2. Mengetahui faktor-faktor keberhasilan fathul Mekkah tahun 9 hijriyah

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang faktor-faktor keberhasilan fathul Mekkah tahun 9 hijriyah.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.7 dan 4.7

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 17

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad periode Madinah

2. Mengetahui wafatnya Rasulullah SAW

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang wafatnya Rasulullah SAW.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.7 dan 4.7

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 18

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad periode Madinah

2. Mengetahui tanggapan kaum muslimin tentang wafatnya Rasulullah SAW

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang tanggapan kaum muslimin tentang wafatnya Rasulullah SAW.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : MAN 2 HSU                                                Tahun Ajaran  : 2020 / 2021

Mata Pelajaran          : SKI                                                               KD                    : 3.7 dan 4.7

Jenjang                       : MA                                                               Pertemuan Ke  : 19

Kelas/Semester          : X/1                                                                Alokasi Waktu : 2 JP

 

A. TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, peserta didik dapat :

1. Memahami perkembangan dakwah Nabi Muhammad periode Madinah

2. Mengetahui perkembangan Islam sepeninggal Rasullah SAW

B. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media                             : WhatsApp, Google

2. Alat                                : HP Android dan Laptop

3. Sumber Belajar               : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Melalui media WhatsApp Guru menyapa peserta didik, mengajak berdoa, dan meminta siswa mengisi presensi melalui WhatsApp.

b. Guru mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemic covid 19 yaitu senantiasa mencuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker ketika akan keluar rumah.

c. Menyampaikan judul materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik menyimak materi yang diberikan guru melalui WhatsApp dan Google tentang perkembangan Islam sepeninggal Rasullah SAW.

b. Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan yang belum dipahami mengenai materi yang diajarkan melalui media online WhatsApp.

c. Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai materi yang dibahas.

d. Guru menyajikan masalah dan peserta didik memecahkan masalah tersebut.

3. Kegiatan Penutup

Guru menyimpulkan materi  dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan.

D. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap               : lembar pengamatan cara berkomunikasi di WhatsApp

2. Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis pada WhatsApp

3. Penilaian Keterampilan  : Tes praktik. Difoto, kirim di WhatsApp

 

 

Amuntai, 12 September 2020

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran

Kepala MAN 2 HSU

 

 

 

Drs. H. Alpahmi, M.M                                                                        Dra. Rusida Mawarni

NIP.196608022005011005                                                                NIP.196605091993032002

Posting Komentar untuk "RPP Daring SKI 1 Lembar Tahun 2020/2021"