Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengajarkan Perkalian Pada Anak Dengan Mudah

 

Cara Mengajarkan Perkalian  Pada Anak Dengan Mudah


Perkalian adalah salah satu pelajaran matematika yang umumnya harus dikuasai anak seraya mereka beranjak dewasa. Biasanya, belajar perkalian dilakukan setelah belajar pertambahan dan pengurangan angka. Mungkin, bagi orang tua cara mengajarkan anak tentang perkalian memiliki kesulitan tersendiri. Jangan khawatir, ada tips dan trik supaya anak dapat menikmati pelajaran perkalian ini.

Baca Juga : 

5 Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan Baik Dan Rapi

Ada berbagai metode yang umumnya digunakan untuk belajar perkalian. Salah satunya adalah melalui tabel perkalian. Namun, anak anak cenderung membutuhkan arahan atau bimbingan pendidikan. Oleh sebab itu, orang tua bantulah anak Anda untuk belajar matematika terutama perkalian dengan cara yang tepat. Bagaimana caranya? Silahkan simak poin sebagai berikut.

1.    Membuat Jadwal Belajar

Jadwal belajar sebenarnya adalah suatu hal yang penting, khususnya dalam hal belajar matematika. Ya, pelajaran ini membutuhkan kefokusan yang lebih dibandingkan dengan mata pelajaran lain bukan? Untuk belajar perkalian lebih efektif, ajarilah anak Anda untuk belajar perkalian selama beberapa waktu dalam sehari seperti 30 menit tanpa ada gangguan.

2.    Mengajar Dasar Perkalian

Cara mengajar perkalian yang baik dan benar adalah dengan memperkenalkan terlebih dahulu dasar perkaliannya. Beberapa fakta dasar ini sangat penting untuk tahu pola misalnya dengan menggunakan tabel perkalian. Jika anak tidak mengerti cobalah jelaskan dengan cara yang sederhana seperti menggunakan bentuk penjumlahan sebagai contoh 5x3 adalah 5+5+5

3.    Jelaskan Bagaimana Sifat Komutatif Akan Mempermudah

Cara berikutnya adalah memperlihatkan kepada anak Anda bahwa dalam perkalian banyak dari jawaban dari perkalain yang berulang. Maka, dengan demikian mereka sebenarnya hanya perlu mempelajari setengah dari tabel perkalian saja. Misalnya untuk perkalian 3x7 hasilnya adalah sama dengan 7x3. Lakukan perlahan lahan dimulai dari menguasai perkalian 0 sampai 3 lalu 4 sampai tujuh dan seterusnya.

4.    Jelaskan Pola Khusus Dalam Perkalian

Beritahu Anda cara berhasil menguasai perkalian dengan baik. Anak tidak perlu menghafal buta semua perkalian.  Sebab beberapa perkalian sebenarnya memiliki karakteristik khusus yang bisa membuat mereka mengingatnya dengan mudah. Misalnya, semua perkalian 10 pasti diakhiri dengan angka nol, hasil perkalian untuk nol akan selalu nol dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Bisnis Tanpa Modal Untung Banyak

5.    Jelaskan Cara Cepatnya

Tahukah Anda sebenarnya, matematika memiliki beragam cara cepat untuk menyelesaikan perkalian. Misalnya dengan mempelajari metode jarimatika atau metode lainnya. Dengan demikian anak akan kagum karena bisa mengingatnya dengan mudah.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang teknik belajar perkalian untuk anak anak. Cara ini umumnya sudah digunakan sebagai metode pengajaran guru untuk anak murid. Jadi Anda sebagai orang tua juga perlu mendukungnya dirumah dengan cara yang baik dan benar. Perkembangan setiap anak berbeda, jangan paksakan suatu metode pendidikan apabila tidak cocok. Sesuaikan dengan kebutuhan anak Anda. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengajarkan Perkalian Pada Anak Dengan Mudah "