Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan Baik Dan Rapi

 Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan Baik Dan Rapi



Belajar menulis adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dipelajari oleh setiap orang dimulai sejak dini. Walaupun menulis bukanlah keterampilan yang terus menerus harus ditingkatkan disekolah, namun hal ini penting untuk proses belajar anak. Oleh sebab itu, sebagai orang tua penting sekali untuk mengajar anak untuk menulis dengan baik dan rapi. Bagaimana caranya?

Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda beda baik dalam menulis atau hal yang lainnya. Orang tua perlu memperhatikan bagaimana anak bisa meningkatkan kemampuan menulis mereka dengan baik. Sebenarnya mengajarkan anak menulis tidaklah sulit, Anda hanya perlu strategi atau rencana pengajaran yang tepat. Sebagai berikut adalah tips dan trik yang bisa Anda lakukan :

1.  Fokus Ke Dasar Cara Menulis Yang Baik


Cara mengajarkan anak menulis sebenarnya  tidak soal memperhatikan estetikanya saja atau bentuk tulisan. Tetapi juga harus memperhatikan struktur bahasanya. Anda bisa membantu dimulai dengan menambahkan suku kata yang dapat digunakan oleh anak. Lalu, lihat apakah terdapat kesalahan penulisan yang dikerjakan. Jika ada kesalahan, beritahu anak dan jelaskan cara yang benar.

2.  Ajak Anak Berfikir Tentang Apa Yang Ditulis


        Cara mengajar anak menulis dengan baik berikutnya adalah dengan mengajak anak berbicara atau mengobrol terlebih dahulu tentang apa yang ingin ditulis. Setelah itu, barulah anak menulis apa yang dikatakannya. Anda bisa pilih tema atau topik yang disukai oleh sang anak, sehingga pembelajaran menulis akan lebih menyenangkan.

3.  Memberi Kesempatan Anak Menulis



Memberikan  kesempatan untuk menulis, ini berarti turut menyediakan sarana anak untuk belajar menulis. Ini menunjukkan bahwa Anda mendukung anak Anda sepenuhnya untuk menulis. Berikan alat tulis yang dibutuhkan seperti halnya buku tulis, pulpen, pensil, penghapus dan berbagai media lainnya. Atau Anda juga bisa menciptakan kegiatan kepada anak seperti mengajaknya menulis daftar belanja harian ataupun surat untuk kerabat.

4.    Membuat Kegiatan Menulis Yang Menyenangkan


Ada banyak sekali ide untuk membuat kegiatan menulis menjadi menyenangkan. Misalnya dengan menggunakan buku catatan warna warni atau bergambar, menggunakan spidol warna warni atau hal hal yang cantik dan keren yang menjadi kesukaan bagi sang anak. Jangan lupa berikan pujian kepada anak ketika ia berhasil menulis suatu kalimat dengan baik dan rapi.

5.    Ajarkan Caranya Menggunakan Berbagai Media



Dalam beberapa poin diatas kita sudah menyebutkan beberapa media dalam menulis seperti halnya pensil, buku catatan dan lain sebagainya. Nah, setiap media yang digunakan anak, Anda bisa ajarkan cara menggunakannya secara kreatif. Misalnya, penggaris untuk melihat apakah tulisan lurus atau tidak, buku kotak untuk melatih anak menulis dengan rapi dan lain sebagainya.

Inilah informasi selengkapnya yang membahas tentang beberapa teknik praktis untuk mengajarkan kepada anak caranya menulis dengan baik dan rapi. Buatlah suatu pengajaran menjadi menyenangkan,  sebab suatu hal yang menyenangkan akan membuat motivasi belajar yang lebih baik dan tidak akan menimbulkan rasa terbebani. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan Baik Dan Rapi"